Minggu, 08 April 2012

Ayatullah Syeikh Abdullah Jawadi Tabari Amuli



Beliau dilahirkan di kota Amul pada tahun 1933 di tengah-tengah keluarga ulama dan agamis. Ayah beliau adalah salah seorang ulama dan muballigh di kota tersebut.Setelah menamatkan Sekolah Dasar, beliau melanjutkan studinya di Hauzah Ilmiah kota Amul selama lima tahun di bawah bimbingan beberapa guru besar yang sebagian mereka adalah murid-murid Almarhum Akhund Khurasani hingga berhasil merampungkan tingkat Suthuh ilmu fiqih, ushul dan hadis.Pada tahun 1950, beliau meninggalkan kota Amul dan berhijrah ke kota Tehran demi belajar kepada Ayatullah Syeikh Muhammad Taqi Amuli.
Kemudian, beliau pindah ke Madrasah Marvi, dan di sanalah beliau mengikuti pelajaran Bahtsul Kharij ilmu logika dan filsafat di bawah bimbingan Ayatullah Sya’rani dan Ayatullah Ilahi Qomshei. Dalam bidang pelajaran Bahtsul Kharij fiqih dan ushul, beliau belajar pada Ayatullah Syeikh Muhammad Taqi Amuli. Kondisi ini berlangsung sampai tahun 1955.
Pada tahun itu juga, beliau pindah ke Hauzah Ilmiah Qom dan untuk beberapa saat beliau mengikuti pelajaran yang diberikan oleh Ayatullah Al-Uzhma Burujerdi. Sekitar tiga belas tahun lamanya beliau belajar fiqih pada Ayatullah Sayid Muhammad Muhaqqiq Damad. Selian itu, beliau juga sempat mengikuti satu paket Bahtsul Kharij ushul fiqih selama tujuh tahun di bawah bimbingan Imam Khomeini r.a. Selama dua puluh lima tahun, di bawah bimbingan Allamah Sayid Muhammad Husein Thabathaba’i beliau mempelajari kitab Asfar, Ilahiyyat Syifa`, Hikmah Muta'aliyah, Irfan Islami, Pengetahuan Tematis dalam bidang hadis dan tafsir Al Quran. Semua ini dijalaninya melalui kuliah-kuliah khusus dan beliau selesaikan dengan sempurna.